Yamaha F1ZR Banyak di Buru Orang



Kali ini saya akan menulis artikel tentang salah satu motor jadul yang akhir-akhir ini banyak diburu orang, gara-gara banyak diburu orang otomatis harganya bakal melambung tinggi, motor fenomenal ini adalah Yamaha F1ZR.

Harga bekas motor ini sekarang kisaran 5 juta sampai dengan tak terbatas karena tergantung kondisinya. Dari beberapa berita di media online bahkan ada yang menjual Yamaha F1ZR ini seharga Rp 25 juta. Saya coba membuka situs jual beli online ada yang menjual Yamaha F1ZR Caltex seharga Rp 29 juta. Kalau dilihat difotonya kondisi motornya lumayan mulus, pelangnya pakai pelang bintang 6 palang dan piringan cakram depan pakai piringan lebar, sedangkan untuk body lainnya terlihat masih ori.

Padahal sebelumnya harga motor 2 tak ini sempat jatuh pada waktu harga bahan bakar (BBM) melambung tinggi, pada waktu itu  mau menjual motor 2 tak aja susah karena motor ini dianggap boros bahan bakarnya. Karena harga BBM tinggi masyarakat yang sebelumnya pakai motor 2 tak banyak beralih ke motor 4 tak yang dari konsumsi bahan bakar lebih irit dibandingkan motor 2 tak.

Dan kenapa motor 2 tak tidak diproduksi lagi karena mesin 2 tak dianggap tidak ramah lingkungan dan tidak sesuai dengan EURO III.

Kelebihan motor 2 tak
  1. Tenaga yang dihasilkan lebih besar, lebih responsive dan memiliki putaran mesin lebih cepat dibandingkan dengan motor 4 tak.
  2. Perawatannya lebih mudah, yang penting jangan sampai kehabisan olie samping Insyallah bakalan awet mesinnya.
  3. Olie mesin tidak perlu sering diganti seperti motor 4 tak.
Kekurangannya adalah
  1. Konsumsi bahan bakarnya lumayan boros.
  2. Suaranya nyaring dan khas.
  3. Kalau kehabisan olie samping bisa rusak piston, ring piston dan silinder bloknya.

BTW untuk sperpartnya kira-kira gimana… dari pengalaman saya sih harga sperpartnya lumayan mahal tapi masih terjangkau, masih mudah ko mencarinya seperti piston, ring piston, shock depan dan belakang ori masih ada yang menjual karena saya pernah menggantinya. Tapi kalau ditempat kalian gak ada yang menjual bisa dicoba mencari di online. 

Salam teng..teng..teng...(suara motor 2 tak)






Komentar

Postingan Populer