Cara Membuat Cairan Desinfektan Sendiri



Seperti artikel yang sebelumnya saya posting di Blog saya ini, bahwa penyebaran virus bisa melalui permukaan benda yang pernah disentuh oleh orang yang terjangkit virus corona (Covid-19), bahkan virus corona bisa bertahan hidup pada permukaan benda hingga berhari-hari. Untuk itu perlu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita terutama yang ada potensi virus menempel pada permukaannya, seperti gagang pintu, kursi, meja dll. Cara membersihkannya dengan menyemprot cairan desinfektan ke benda-benda tersebut.

Berhubung cairan desinfektan sekarang ini langka maka sebaiknya kalian membuat cairan desinfektan sendiri. Caranya adalah sebagai berikut:

Cairan desinfektan berbahan alkohol
Kalian hanya memerlukan alkohol 70 persen kemudian masukkan alkohol tersebut ke dalam botol kosong lalu semprotkan ke permukaan yang ingin dibersihkan.

Cairan desinfektan berbahan pemutih
Larutan pemutih mengandung natrium hipoklorit yang merupakan salah satu senyawa ampuh untuk membasmi virus hingga bakteri.  Menurut CDC (The Centers for Disease Control Prevention) larutan pemutih seperti Bayclin dapat menjadi bahan utama cairan desinfektan. CDC menganjurkan unuk membuat cairan desinfektan dengan melarutkan 4 sendok teh atau 20 ml Bayclin ke dalam 946 ml air, selanjutnya kita bisa menyemprotkan larutan desinfektan tersebut ke permukaan benda dan diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan dengan lap basah.

Cairan desinfektan berbahan cuka
Cuka asam dicampurkan dengan setengah gelas air bersih. Agar baunya lebih enak, bisa ditambahkan dengan minyak esensial beraroma bunga-bunga-an 24 tetes, kemuadian di kocok supaya cuka dan minyak esensial bercampur.

Cuka atau asam asetat (CH3COOH) memiliki zat antiseptik yang ringan dan minyak esensial juga menambahkan untuk kualitas antibakteri, antivirus dan anti jamur.



Komentar

Postingan Populer