Cara Membedakan RAM DDR1,DDR2,DDR3 dan DDR4



Awal muasalnya pada waktu saya lagi memeriksa komputer yang mati dikantor, karena mendapat laporan dari salah satu staff dikantor  bahwa komputer yang digunakannya untuk bekerja setiap hari CPU  hidup tapi pada layar monitor blank, yang terlihat hanya warna hitam saja.

Setelah saya periksa ternyata komputer tersebut tidak bisa jalan karena ada salah satu RAM yang mati, kebetulan RAM pada komputer tersebut ada dua keping, setelah saya cabut salah satu RAM yang mati akhirnya komputer tersebut bisa digunakan seperti biasanya.

Setelah selesai memerikasa komputer tersebut tiba-tiba muncul pertanya dalam hati saya, gimana caranya membedakan jenis-jenis RAM, karena RAM ada DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4, bahkan mungkin nanti akan muncul lagi DDR5 dan seterusnya.

Tapi sebelum melanjutkan cara membedakan jenis-jenis RAM, apakah kalian tahu RAM itu apa dan fungsinya untuk apa, kalau kalian sekolahnya jurusan komputer kalian pasti tahu karena pengetahuan soal RAM merupakan pelajaran paling dasar, tapi bagi yang jurusannya bukan komputer saya yakin gak tahu apa itu RAM dan fungsinya. RAM (Random Access Memory) merupakan bagian penting pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara, ketika komputer dijalankan dapat diakses secara acak (random). Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. Jadi semakin besar kapasitas RAM pada komputer maka akan kinerjanya akan semakin cepat.

Kembali ke laptop, cara membedakan RAM menurut haasil penelusuran saya adalah:
  1. Pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan melihat tulisan pada pembungkusnya karena biasanya pabrik pembuat memory sudah melampirkan jenis DDRnya dari RAM yang mereka jual di pasaran.
  2. Kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengetahui perbedaan spesifikasi dari suatu RAM dengan lebih detail lagi.
  3. Cara ketiga dengan melihat maindboard, biasanya disitu tertulis jenis RAM yang digunakan.
  4. Cara yang keempat yang bisa kalian lakukan adalah melihat sekat yang ada ditengah memori tersebut dengan mata telanjang.



Berikut ini ulasan detail tentang RAM dari DDR1 sampai dengan DDR4:

DDR1
Ini merupakan generasi pertama dari RAM jenis DDR. Dulu pada saat pertama kali keluar RAM ini dikenal dengan nama DDR, namun  setelah muncul generasi berikutnya RAM DDR ini sering  di sebut RAM DDR1. Pada DDR1 cirinya fisiknya terdapat satu notch atau satu coakan.

RAM DDR 1 memiliki nomor seri PC2100 memiliki kecepatan sebesar 266 MT/s, Nomor seri PC2700 memiliki kecepatan 333 MT/s, dan untuk seri PC3200 dengan kecepatannya 400 MT/s.

RAM DDR 2
Merupakan generasi kedua dari RAM DDR SDRAM. RAM ini lahir pada era komputer dual core. Pada saat itu pertama kali membeli RAM DDR2 sekitar tahun 2008. Perbedaan dari bentuknya RAM DDR2 dengan DDR1 adalah letak notch-nya yang digeser agak ke pinggir lagi.

RAM DDR 2 memiliki nomor seri PC4200 dengan kecepatan 533 MT/s, nomor seri PC5300 memiliki kecepatan 667 MT/s, dan PC6400 memiliki kecepatan 800 MT/s.

RAM DDR 3
Generasi penerus dari RAM DDR2. Ciri fisiknya adalah notchnya digeser lagi agak kepinggir dibanding dengan RAM DDR2.

RAM DDR3 ini lahir pada era komputer Core i3. RAM DDR3 mempunyai suatu konsumsi daya yang lebih rendah 40% dibandingkan dengan jenis RAM DDR2. Hal ini memungkinkan RAM DDR3 dapat dioperasikan pada tegangan mencapai 1.5V yang lebih rendah dari RAM DDR (sebesar 2.5V) dan DDR2 (sebesar 1.8V).

RAM DDR3 memiliki transfer rata-rata antara 800 ~ 1600 MT/s dengan kecepatan waktu 200–533 MHz. Lebar prefetch dari RAM DDR3 adalah sebesar 8bit. Nilai ini dua kali dari pada RAM DDR2 yang hanya sebesar 4bit dan empat kali dari RAM DDR yang memiliki lebar prefetch sebesar 2bit.

Serta pada RAM DDR3 memiliki fitur baru yaitu ASR (Automatic Self-Refresh) dan SRT (Self-Refresh Temperature). Fitur ini membuat suatu RAM DDR3 dapat secara otomatis mengontrol refresh rate sesuai dengan variasi dari suhunya.

RAM DDR 4
Ini merupakan suatu generasi yang terbaru dari RAM DDRSDRAM dengan transfer data dapat mencapai sebesar 2133 ~ 3200 MT/s. RAM DDR4 juga lebih efisien lagi yaitu dengan tegangan kerja sebesar 1.2V.Dengan tegangan sebesar 1.2V ini tercatat RAM DDR4 mampu mencapai transfer data rate yaitu sebesar 2400 MT/s.

Pada RAM DDR4 terdapat empat grup bank dimana setiap grup mampu untuk menangani suatu operasi secara independen. Hal ini dapat membuat RAM DDR4 mempu untuk memproses 4 data dalam satu siklus clock dan membuatnya jelas lebih efisien lagi dari pada RAM DDR3.

Selain itu pada RAM DDR4 juga terdapat fitur baru lainnya seperti DBI (Data Bus Pembalikan), CRC (Cyclic Redundancy Check) dan CA paritas. Fitur-fitur ini meningkatkan integritas sinyal RAM DDR4 dan tentu saja meningkatkan stabilitas transmisi data / akses.






Komentar

Postingan Populer