Solusi Honda Beat Karbu Stater Cetek - Cetak



Saya punya motor Honda Beat karbu keluaran Tahun 2011, akhir – akhir ini kalau distarter pakai starter elektrik sering gak bisa hidup mesinnya, hanya bunyi cetek kek...kek...kek..alias muter dinamo starternya tapi mesinnya tidak hidup.
 
Kadang kita starter pakai engkol starter manual dua atau tiga kali injak terus kita tekan tombol starter elektrik mau bunyi, seolah-olah harus dipancing dulu baru bisa hidup mesinnya, kalian tahu sendiri menghidupkan motor metik pakai engkol itu susah, engkolnya kecil kalau gak hati-hati bisa terpleset, kalau terpleset bisa-bisa kaki kita luka dan injakannya lumayan berat, nasi setengah piring habis untuk ngengkolnya he..he…

Iseng-iseng saya browsing untuk mencari solusi, siapa tahu ada cara murah untuk bikin motor Beat jadul saya normal kembali, biasa imbas Covid-19 wakkk….



Hasil browsing saya menemukan info bahwa penyakit Honda Beat kebanyakan memang seperti itu, kalau distarter sering bunyi cetek-cetek dan mesin gak mau hidup karena relay starter yang ada di dalam CDI rusak, namun sebelum menyimpulkan bahwa relay starter pada CDI rusak kalian harus memeriksa beberapa komponen yang ada dulu, jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa realay starter pada CDI rusak, karena bisa jadi dinamo starternya yang rusak dan perlu diservis, bisa bendiknya kotor jadi dynamo starter berputar namun bendik tidak sempurna memutar mesin atau bisa jadi batu arangnya habis, bisa juga arus pada aki sudah lemah dan tidak mampu memutar dinamo starter.

Untuk memeriksa aki dan dinamo starter masih normal atau gak kalian bisa cabut soket pada swit starter dan hubungkan soket dari aki menuju ke dinamo starter (bisa dilihat gambar soket swit starter dibawah), gambar yang saya lingkari merah silahkan dihubungkan pakai kabel atau gunting juga bisa, apabila mesin motor mau hidup berarti kondisi aki dan dinamo starter masih normal dan yang bermasalah relay pada CDI. Kalau mau gampang sih ganti saja CDI nya dijamin langsung jreng…. Tapi bagi kalian yang kena dampak Covid-19 seperti saya wakkk…. Kantongnya kempes bisa mengikuti tutorial saya selanjutnya.



Selanjutnya cabut kabel merah garis hitam pada soket swit starter, kabel ini kalian tutup isolasi supaya nantinya tidak konslet karena kabel ini nanti tidak dipakai lagi, pada lubang soket bekas kabel merah garis hitam tadi silahkan kalian ganti pakai kabel yang ada skunnya dan masukkan ke soket tadi.

Selanjutnya kalian cabut kabel kuning garis hijau pada CDI, kabel ini adalah kabel arus positif dari tombol stater, apabila rem ditekan arus positif akan mengalir ke tombol stater, tombol stater ditekan maka arus akan mengalir ke kabel kuning garis hijau menuju ke relay starter pada CDI. Dari CDI akan keluar lewat kabel warna kuning garis merah menuju ke swit starter, itu cara kerjanya menurut buatan pabrik.

Setelah kalian cabut kabel kuning garis hijau kemudian kalian sambungkan  dengan kabel baru yang kalian tancepin pada soket swit starter tadi dan jangan lupa diisolasi.


Kemudian cabut juga kabel kuning garis merah pada CDI, dan kalian sambungkan dengan kabel hijau garis putih (kabel keluaran dari standar samping), tapi kabel hijau garis putihnya gak dicabut dari soketnya lo ya…. Cukup dijumper seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya silahkan distarter motor Honda Beat kalian seperti biasanya, tekan rem dan pencet swit starternya… Insyaalah joss gandos… dinamo starter muter mesin dan mesin bisa hidup.

Cuma kelemahan dari sistem ini adalah kalau mesin motor hidup apabila kita tekan tombol starter dinamo akan muter.

Demikian semoga bisa membantu kalian-kalian yang kantongnya kempes seperti saya karena bagi yang punya dwit gak perlu repot ngikuti tutorial ini, cukup beli CDI baru maka starter akan normal kembali.





Komentar

Postingan Populer