Solusi Pasang 2 RAM di PC Agar Tidak Eror



Assalamualaikum… berjumpa kembali dipagi ini bersama saya, kemarin kebetulan saya diminta oleh big boos untuk memerikasa PC beliau, menurut beliau computer yang ada lemutnya udah tingkat dewa… pokoknya udah banget-banget deh.. sampai-sampai pada awal menyalakan hingga bisa dipakai harus habiskan makanan satu toples baru bisa dipakai… gak edanlah kira-kira ini…

Kemudian saya coba memeriksa computer yang ada, padahal melihat speed processor lumayan kenceng, melihat RAM yang dipakai udah 2 GB tapi kenapa ko masih lemut, saya coba buka di My Computer terus klik propertis, disitu kelihatan ternyata pakai windows 64 bit dan dari RAM  2 GB tinggal terbaca 1,4 GB, sisanya dipakai untuk VGA onboard.


Terus dalam hati kecil saya bertanya-tanya apa ini kira-kira penyakitnya.. OS 64 bit  RAM Cuma 1,4 GB yang bikin lemot, padahal kalau pakai windows 32 bit dengan Ram segitu biasanya udah lumayan, apalagi kalau Cuma dipakai untuk browsing dan ngolah data di MS word maupun excel.
Selanjutnya saya coba untuk bertanya kepada eyang kakung google tentang window 32 bit dan 64 bit, supaya saya bisa memahami dan bisa menentukan langkah selanjutnya untuk memecahkan masalah yang ada.

Dan menurut penuturan eyang kakong perbedaan windows 32 bit dengan 64 bit adalah:

Jumlah RAM yang bisa digunakan
Perbedaan mendasar yang paling banyak diketahui adalah pada jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan, untuk Windows 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM kurang dari 4 gb atau sekitar 3,2 GB dan akan bekerja optimal ketika menggunakan RAM 1 atau 2 GB. Sedangkan Windows 64 bit dapat membaca RAM lebih dari 4 GB. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan arsitektur processor antara 32 bit da 64 bit.

Performa 32 bit dan 64 bit
Perbedaan basis sistem Windows 32 dan 64 bit sebenarnya ditentukan oleh kemampuan processornya. Tentu saja jika dibandingkan antara keduanya, teknologi processor 64 bit lebih baru dari pada 32 bit. Windows 32 bit dengan processor 32 bit  memiliki kemampuan berada di bawah 64 bit. Sehingga kombinasi Windows dan processor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan Windows dan processor 64 bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, video editing, dll.

Kemampuan dalam memproses data
Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran. 32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses data yang dimuat adalah sebesar 32 bit. Jadi dalam satu kali pemrosesan data, Windows dan processor 64 bit lebih cepat dan maksimal.

Kompatibilitas Software
Perbedaan yang cukup berpengaruh antara 32 bit dan 64 bit adalah pada kompatibilitas software yang dapat digunakan, Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software 64 bit sedangkan windows 64 bit lebih leluasa karena bisa mnejalankan software 32 bit maupun 64 bit.

Kelebihan windows 32 bit :

  • Dapat menjalankan software dan aplikasi jadul dengan basis 16 bit.
  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama dan cocok untuk laptop atau computer lama.
  • Dapat bekerja optimal meskipun hanya dengan RAM 2 GB.
Kekurangan windows 32 bit:
  • Hanya sedikit software baru yang bisa kompatibel
  • Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4 GB

Kelebihan windows 64 bit
  • Lebih cepat dan efisien
  • Mampu membuat kinerja processor lebih optimal
  • Dapat menjalankan software 32 bit
  • Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis

Kekurangan windows 64
  • Tidak cocok untuk laptop atau PC lama

Dari permasalahan PC lemot kemudian saya komparasi dengan jawaban eyang kakung tadi menghasilkan kesimpulan bahwa untuk mempercepat kamampuannya harus saya tambah RAM. Sealanjutnya saya belikan RAM 2 GB, namun setelah saya pasang bukannya komputer menjadi kenceng tapi malah hang, monitor menjadi blank dan kondisi PC dalam keadaan menyala tanpa ada suara beeb sama sekali… jan bel-bel tobel anake kadal…

Terus kenapa bisa seperti itu…?? apa salah dan dosaku…?? hik..hik… udah gk usah bersedih insyaalah masih banyak jalan menuju roma, selanjutnya saya coba untuk matek aji jaran goyang, saya putar dangdut koplo penyanyinya Nella Kharisma sambil goyang-goyang saya menerawang untuk mendapatkan jawaban dari masalah yang lagi saya hadapi.

Dan ternyata hasilnya hal tersebut bisa terjadi karena ada susuatu dan lain hal yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan hanya orang sakti saja yang bisa memahaminya kenapa PC tersebut tidak bisa dipasang 2 RAM sekaligus. Namun yang perlu temen-temen perhatikan apabila mau memasang 2 RAM pada PC:

  1. Periksa kemampuan maximum memori pada matherboad PC dengan membaca buku panduan.
  2. Agar optimal dan tidak mubazir belilah RAM yang kecepatan, kemampuannya sama dengan yang sudah ada, misalnya jika setiap slot memory RAM spesifikasinya DDR3 PC10600 1333 Mhz 2 GB maka jangan membeli RAM diatas kecepatan maksimal tersebut, usahakan merk dan spesifikasinya sama.
  3. Jika ternyata temen-temen sudah mempunya RAM dan ingin menambah atau upgrade carilah merk dengan kecepatan RAM yang sama. Namun jika ternyata tidak menemukan merk yang sama pilihlah RAM yang mempunya kecepatan sama meskipun beda merk.


Jika temen-temen udah membeli RAM baru untuk ditambahkan pada PC temen-temen tetapi setelah dipasang PC tidak bisa booting alias tidak menyala, tampilan pada layar blank, dibawah ini ada beberapa solusi:

  1. Coba cabut RAM lama dengan pasang RAM baru pada slot tersebut, setelah itu pasang keduannya. Jika dipasang kedua RAM tersebut namun PC tetap tidak nyala berate PC hanya bisa pakai satu RAM saja.
  2. Coba seting pada BIOS untuk pengaturan RAM (baca buku panduan)
  3. Pastikan kedua RAM atau salah satu tidak ada yang rusak
  4. Coba letakkan RAM pada setiap slot, jangan-jangan ada slot yang rusak
  5. Periksa tegangan power suplay, karena biasanya jika terlalu banyak hardware yang terpasang salah satu hardware ada yang tidak terkena arus listrik dan akan menyebabkan eror. Power supply tidak kuat memberikan daya kepada setiap hardware, jadi coba lepas DVD room jika tidak terlalu dibutuhkan selanjutnya restart kembali PC temen-temen.

Wakkk… gara-gara PC lemot ternyata sampai panjang lebar solusi yang didapatkan.. Alhamdulillah akhirnya PC tidak lemot lagi dan bosku bisa bekerja dengan nyaman…

Demikian temen-temen semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat buat temen-temen semua yang sedang mengalami masalah yang sama seperti yang barusan saya alami… sampai jumpa diartikel berikutnya..




Komentar

Postingan Populer