Review dan Spesifikasi Ninja 250 Fi 2018
Bagi para penggemar motor sport siapa yang gak kenal dengan Kawazaki Ninja
250 Fi, kali ini Kawazaki Ninja 250 hadir dengan model terbaru dengan performa
mesin lebih bertenaga, otomatis dengan hadirnya Ninja 250 Fi model terbaru ini persaingan
motor sport 250cc akan semakin sengit.
Sayang motor ini tidak dilengkapi fitur Upside down dan Riding Mode seperti
yang dimiliki oleh pesaingnya yaitu CBR250RR.Walaupun begitu, All New Ninja 250
tetap menarik untuk dimiliki. Pasalnya motor ini menawarkan desain baru yang
disempurnakan oleh performa mesin lebih bertenaga. Bahkan performanya meningkat
drastis dibandingkan Ninja 250 generasi sebelumnya.
Nah bagi temen-temen yang penasaran ingin mengetahui performa motor ini,
silahkan simak ulasannya sebagai berikut ini:
Spesifikasi All New Kawasaki Ninja 250 2018
|
|
Mesin
|
|
Tipe
|
Liquid-cooled, 4-stroke Parallel
Twin, DOHC, 8 valves
|
Kapasitas
|
249cc
|
Daya Maksimum
|
28.5 kw (39 PS) / 12,500 rpm
|
Torsi Maksimum
|
23.5 Nm / 10,000 rpm
|
Diameter X Langkah
|
62.0 mm × 41.2 mm
|
Rasio Kompresi
|
11.5: 1
|
Sistem Bahan Bakar
|
Fuel Injection
|
Starter
|
Electric
|
Transmsi
|
6-speed, return shift
+ assist & slipper clutch
|
Bodi
|
|
Dimensi (P x L x T)
|
1,990 mm x 710 mm x 1,120 mm
|
Berat
|
167 kg
|
Tinggi Tempat Duduk
|
785 mm
|
Jarak Terendah ke Tanah
|
140 mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1,405 mm
|
Kapasitas tangki
|
14 Liter
|
Rangka dan Kaki-Kaki
|
|
Rangka
|
Teralis
|
Suspensi depan
|
41mm telescopic fork
|
Suspensi belakang
|
Uni-Trak® single-shock system with
5-way preload
|
Ban Depan
|
110 / 70R17 M / C 54H
|
Ban Belakang
|
150 / 60R17 M / C 66H
|
Rem Depan
|
Single semi-floating 310 mm petal
discs
|
Rem Belakang
|
Single 220 mm petal disc
|
Desain
& Body
Seperti yang temen-temen lihat
diatas, All New Kawasaki Ninja 250 2018 menawarkan desain lebih agresif
dibandingkan pendahulunya. Bobotnya juga lebih ringan, karena memakai rangka
tralis yang terinspirasi dari Kawasaki Ninja H2. Selain itu, Kawasaki
mengurangi kapasitas tangki bahan bakarnya menjadi 14 Liter. Padahal sebelumnya
Ninja 250 FI memiliki tangki berkapasitas 17 Liter. Walaupun begitu, kapasitasnya
sama persis dengan Honda CBR250RR yang menjadi rival terberat All New Ninja 250
2018.
Desain tangkinya juga berubah menjadi lebih modern dan dipadukan dengan bodi
full fairing yang terlihat lebih agresif dan sporty. Pada bagian depan
terpasang headlamp LED yang memberikan penerangan lebih baik saat berkendara di
malam hari. Uniknya, bagian depan All New Ninja 250 2018 terlihat memiliki
winglet yang sering kali digunakan untuk meningkatkan aerodinamika sebuah
sepeda motor. Desain bagian belakang juga berubah dan kabarnya terinspirasi
oleh desain Ninja ZX-10R. Lalu ada pula tail light LED yang menambah kesan
modern pada setiap sisi Ninja 250 2018.
Secara keseluruhan All New Kawasaki Ninja 250 2018 memiliki bodi berukuran
panjang 1.990 mm. Lalu untuk lebarnya berukuran 710 mm dan tingginya mencapai
1.120 mm. Nah yang paling menarik, bobot motor ini cuma 167 kg, sehingga
kemampuan akselerasinya semakin maksimal dan lebih mudah diajak bermanuver.
Desainnya juga ergonomis dan nyaman dikendarai, karena memiliki tinggi tempat
duduk 785 mm dan groud clearance 140 mm. Kemudian untuk jarak antara sumbu roda
depan dan belakang mencapai 1.405 mm.
Performa Mesin
Walaupun bobotnya lebih ringan, namun All New Kawasaki Ninja
250 2018 tetap terlihat besar dan bongsor. Hal ini tidak lepas dari pemakaian
mesin 2 silinder generasi terbaru yang menggunakan teknologi DOHC 8 Klep dengan
volume silinder sebesar 249cc. Mesin tersebut dilengkapi sistem pendingin
cairan (Liquid Cooled) dan sistem pembarakan Fuel Injection. Performanya juga
lebih baik dibandingkan mesin miliki Ninja 250 FI generasi sebelumnya, karena
mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga sebesar 39 PS pada 12.500 rpm.
Torsi motor ini juga melimpah, yaitu mencapai 23.5 Nm pada 10.000 rpm.
Semoga peningkatan performa mesin tidak mempengaruhi harga All New Kawasaki
Ninja 250 2018, sehingga motor ini tetap kompetitif untuk bersaing melawan
Honda CBR250RR ataupun Yamaha R25. Terlebih motor ini telah dilengkapi
teknologi Assist & Slipper Clutch yang membuat perpindahan transmisi 6
percepatan semakin halus dan kineja kopling semakin ringan. Alhasil kemampuan
akselerasi All New Ninja 250 semakin maksimal, dan bisa berlari sangat cepat.
Performa mesin All New Ninja 250 2018 bisa mengalahkan Honda CBR250RR yang
bisa mengeluarkan tenaga sebesar 28.5 kW (38.7 PS) pada 12.500 rpm dan torsi
23.3 Nm pada 11.000 rpm. Sayangnya motor ini belum dilengkapi fitur Throttle By
Wire dan Riding Mode yang menjadi andalan CBR250RR. Tentu hal ini menjadi salah
satu kekurangan Ninja 250 2018 yang akan mengakibatkan konsumen bimbang
membelinya.
Kaki-Kaki & Fitur
Kekurangan lainnya adalah suspensi depan yang masih
teleskopik. Padahal sebelumnya Ninja 250 2018 dikabarkan memakai suspensi depan
Upside Down sama seperti Honda CBR250RR. Namun harapan tersebut pupus sudah,
karena motor ini tetap memakai suspensi teleskopik dengan diameter 41 mm. Lalu
untuk suspensi belakangnya memakai bottom link uni-track yang dipadukan dengan
shockbreaker yang memiliki 5 tingkat pengaturan kekerasan.
Harga All New Kawasaki Ninja 250 2018 tergantung dari sistem pengeremannya,
karena motor ini tersedia dalam varian ABS dan Non-ABS. Harga varian ABS tentu
lebih mahal, karena memiliki sistem pengereman lebih baik yang akan mencegah
roda terkunci saat mengerem secara mendadak. Kedua rodanya juga dilengkapi rem
cakram berukuran 310 mm untuk bagian depan dan 220 mm pada bagian belakang.
Ukuran rem cakramnya lebih besar dibandingkan Ninja 250 Fi generasi sebelumnya
yang memiliki piringan cakram berdiameter 290 mm.
Sektor kaka-kaki Ninja 250 2018 juga dioptimalkan oleh ban tapak lebar pada
sisi depan dan belakang. Dimana untuk ban depannya berukuran 110 / 70R17 M / C
54H dan ban belakang 150 / 60R17 M / C 66H. Keduanya sudah menggunakan ban
tubeless yang menjadi standar wajib sepeda motor saat ini. Selain itu, Kawasaki
merupakan tampilan speedometer menjadi lebih modern. Namun speedometernya belum
Full Digital, karena tetap mempertahankan tachometer analog yang berpadu dengan
instrument cluster digital.
Demikian ulasan tentang Kawazaki Ninja 250 Fi 2018, semoga bermanfaat dan bisa
membantu temen-temen semua yang lagi kebingungan dalam menentukan pilihannya.
Sumber: otomaniac.com
Komentar
Posting Komentar