All New Honda Scoopy 2018 dan Spesifikasinya



Buat temen-temen yang lagi galau… bingung menentukan pilihan terutama yang suka motor bergaya retro… kali ini saya akan sedikit mengulas motor retro keluaran Honda apalagi kalau bukan Scoopy.



Baru-baru ini Honda baru saja melakukan penyegaran pada produk retronya, beragam perubahan telah dilakukan, namun Honda tetap mempertahankan mesin 110cc yang selama ini dipakai oleh Honda scoopy. Untuk kapasitas mesin Honda scoopy kalah besar disbanding kompetitornya yaitu Yamaha Fino yang kini mengusung mesin 125cc.


Dengan mesin 110cc otomatis konsumsi bahan bakar Honda Scoopy akan lebih irit, karena hanya dengan 1 liter BBM Honda Scoopy mampu menempuh jarak 59 km. Bahkan pada saat pengetesan EURO 2 motor ini mampu mencatatkan rekor 61,9 KM/L, apa gak joss bgt temen-temen… apalagi harga BBM sekarang ini mahal… cocok banget buat yang kantongnya seperti saya… he…he…


Nah, untuk melihat spesifikasi lengkap Honda Scoopy  silahkan simak informasi berikut ini:



Spesifikasi All New Honda Scoopy


Mesin

  • Tipe Mesin : 4-Langkah, SOCH dengan Pendingin Udara, eSP
  • Kapasitas Mesin : 108,2 cc
  • Diameter x Langkah : 50 x 55,1 mm
  • Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
  • Daya : 6,7 kW (9,1 PS / 7.500 rpm)
  • Torsi : 9,4 Nm (0,96 kgf.m) / 6.000 rpm
  • Tipe Starter : ACG Starter, pedal & elekterik
  • Tipe Kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering


Dimensi

  • PxLxT : 1.847 x 686 x 1.061 mm
  • Berat : 99 kg
  • Jarak Sumbu Roda : 1.257 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 143 mm
  • Kapasitas tangki : 4 liter


Rangka

  • Tipe Rangka : Tulang punggung
  • Suspensi Depan : Teleskopik
  • Suspensi Belakang : Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
  • Ban Depan : 100/90 – 12 59J (Tubeless)
  • Ban Belakang : 110/90 – 12 64J (Tubeless)
  • Rem Depan : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal
  • Rem Belakang : Tromol


Kelistrikan

  • Sistem Pengapian : Full Transisterized, Battery
  • Lampu Depan : LED 2,67 W x 2 (Low); 2,67 W x 3 (High)
  • Tipe Busi : NGK MR9C-9N / DENSO U27EPR-N9




Review All New Honda Scoopy

 


Desain dan Bodi

Desain unik dan sedikit nyleneh menjadi bagian dari All New Honda Scoopy. Mengapa kami bilang nyeleneh, karena All New Scoopy memiliki headlight dengan desain aneh yang memadukan lampu utama dengan lampu sein di sisi sampingnya. Mungkin banyak orang yang akan menyukai desain motor ini, namun kami lebih suka desain Scoopy eSP generasi sebelumnya yang terlihat lebih elegan dan berkesan retro. Untungnya headlight tersebut telah memakai teknologi LED Projector, sehingga memberikan penerangan lebih terang dengan daya lebih kecil.

Secara keseluruhan All New Scoopy memiliki ukuran dimensi panjang 1.847 mm, lebar 686 mm, dan ketebalan 1.061 mm. Sedangkan tinggi tempat duduknya mencapai 744 mm, sehingga sangat ideal bagi pengendara wanita yang memiliki tinggi dibawah 160cm. Terlebih bobot All New Scoopy tergolong ringan, yaitu seberat 99 kg. Alhasil motor ini semakin mudah diajak manuver melewati padatnya perkotaan ataupun menembus kemacetan. Owh yah, untuk jarak sumbu rodanya berukuran 1.257 mm, dan jarak terendah ketanahnya 143 mm.


Performa Mesin

Kemudian soal mesin, All New Honda Scoopy mengusung mesin SOHC dengan sistem pendingin udara dan teknologi eSP. Adapun kapasitas mesinnya sebesar 108.2cc yang nantinya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9.1 PS pada 7.500 rpm. Sedangkan torsinya menembus 9.4 Nm pada 6.000 rpm. Performa mesinnya cukup standar, dan kurang cocok bagi pengendara yang hobi kebut-kebutan. Selain itu, tersedia pula sistem pembakaran PGM-FI yang membuat konsumsi bahan bakar semakin terkontrol.

Tak perlu khawatir boros bensin ketika sobat mengendarai All New Scoopy. Pasalnya motor ini dilengkapi teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang membuatnya lebih bertenaga, irit, dan ramah lingkungan. Seperti yang kami sampaikan diatas, motor ini mampu menempuh jarak 59 KM dengan satu liter bensin. Pengujian EURO 3 tersebut membuktikan bahwa All New Scoopy merupakan salah satu motor matic paling irit di Indonesia. Jadi jangan heran apabila harga All New Honda Scoopy dibanderol cukup mahal.

Motor ini memiliki velg berukuran 12 inci yang berpadu dengan ban depan berukuran 100/90 – 12 59J dan bban belakang 110/90 – 12 64J. Kedua ban tersebut telah memakai ban bertipe Tubeless, jadi kita tak perlu takut terjadi bocor ketika berkendara. Kemudian untuk bagian pengereman, All New Scoopy menggunakan rem depan cakram hidrolik dengan piston tunggal. Sedangkan untuk bagian belakang menggunakan rem tromol.

Untuk mengoptimalkan sistem pengereman All New Scoopy dilengkapi teknologi Combi Brake System. Selain itu, tersedia pula suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayuh dengan peredam kejut tunggal. Selain itu All New Scoopy memiliki tangki bahan bakar yang bisa menampung BBM hingga kapasitas 4 Liter. Sedangkan untuk rangkanya memakai rangka bertipe Tulang Punggung yang dijamin kokoh dan sangat kuat dalam menahan beban pengendara All New Scoopy.
Fitur
Masih banyak fitur menarik lainnya, seperti Power Charger yang bisa mengisi ulang smartphone ataupun perangkat lainnya dengan daya maksimal 12W (12V/1A). Inilah salah satu fitur yang tak dimiliki Scoopy eSP terdahulu, sehingga motor ini semakin menarik untuk dimiliki. Selain itu, tersedia pula fitur Idling Stop System yang membuat motor bisa mati secara otomatis ketika berhenti lebih dari tiga detik dan mesin otomatis akan menyala ketika kita menarik tuas gas.

Salah satu fitur yang membuat harga All New Honda Scoopy dibanderol cukup mahal adalah fitur Anti-Theft Alarm with Answer Back System yang berguna untuk mencegah terjadinya pencurian bermotor. Selain itu, kita juga bisa menggunakannya untuk mencari posisi motor di lokasi parkiran. Lalu ada pula bagasi cukup luas yang bisa menampung barang bawaan hingga 15.4 Liter. 


Demikian ulusan yang bisa kami sampaikan... semoga bisa menambah pengetahuan sekaligus referensi temen-temen yang saat ini mau beli motor baru.




 


Komentar

Postingan Populer