Kawasaki Ninja ZX-25R 4 Selinder Diluncurkan di Indonesia
Akhirnya yang dinanti-nanti oleh para bikers terutama di tanah air ini nongol juga, motor sport yang sudah berhasil bikin heboh jagad maya yaitu Kawasaki Ninja ZX-25R. Sebenernya motor 4 silinder 250cc ini rencananya akan diluncurkan secara global pada bulan April di Indonesia, berhubung si Covid-19 bikin ulah di Indonesia akhirnya rencana tersebut dibatalkan.
Ninja ZX-25R ini untuk
pengembangannya didasarkan pada moge Ninja ZX-10R. Dari aspek rangka ZX-25R
menggunakan all new trellis frame, untuk suspensi motor ini juga sudah mengadopsi suspensi
depan Upside Down (USD) 37 mm, dengan teknologi SFF-BP (Separate Function
Fork-Big Piston). Dan suspensi belakang menggunakan Horizontal Back Link,
dikombinasi lengan ayun asimetris (banana swingarm), yang diklaim menawarkan
karakter progresif dan berkontribusi terhadap handling.
Kawasaki Ninja ZX-25R memakai
pelek bintang 5 yang ringan tapi tetap rigid. dengan menggunakan ban
Dunlop GPR300 tipe radial 110/70 R17 untuk bagian depan dan 150/60 R17 untuk belakang.
Untuk sektor pengeraman depan Kawasaki
ZX-25R ditunjang dengan rem cakram semi floating berdiameter 310 mm, dengan
kaliper 4 piston. Sementara di belakang pakai cakram berdiameter 220 mm. Sistem
pengereman menggunakan tipe radial mount monobloc caliper serta ABS (Anti-lock
Braking System).
Dari sektor dapur pacu, ZX-25R menggunakan
mesin 249,8 cc, 4 silinder, DOHC, 16 katup, berpendingin cairan, dengan
spesifikasi bore x stroke 50,0 mm x 31,8 mm, dan rasio kompresi mesin 11,5:1.
Mesin tersebut mampu menghasilkan power maksimum 37,5 kw (51 PS) pada 15.500 rpm,
sedangkan untuk torsi maksimum adalah 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Sistem transmisi
motor ini menggunakan system manual 6 kecepatan.
Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali
sejumlah fitur yaitu Kawasaki Traction Control (KTRC), Power Mode Selection,
Centre Ram Air System, dan Assist & Slipper Clutch.
Kawasaki Traction Control (KTRC)
merupakan fitur traction control yang memberikan ketenangan dan kenyamanan rider saat
menghadapi permukaan jalan yang tidak rata serta licin. Mode Three-Rider Selectable yang
terpasang pada Kawasaki ZX-25R ini menawarkan berbagai tingkat instrusi yang
dapat dipilih sesuai dengan situasi riding dan preferensi pengendara.
Sedangkan untuk fitur Power Mode
Selection, terdapat pilihan mode full power atau low power, yang membuat
pengendara dapat mengatur aliran power yang sesuai dengan kondisi dan
preferensi. Full power untuk menikmati performa 4 silinder yang alami dan low
power untuk aliran power dan respons gas yang optimal.
Centre Ram Air System adalah
fitur andalan Kawasaki Ninja ZX25R. Posisi Ram Air Duct System yang diposisikan
di tengah, memberikan feeling efficiency, sehingga meningkatkan performa mesin.
Untuk Kawasaki Quick Shifter pada
SE (KQS), merupakan fitur yang pertama kalinya motor 250cc memiliki clutchless
upshift dan downshift untuk akselerasi tanpa hentakan dan deselerasi yang cepat
dan mudah. Saat riding di jalan raya pengendara tidak perlu menggunakan kopling
terus menerus saat pergatian gigi.
Untuk Assist & Slipper Clutch
merupakan teknologi clutch yang terinspirasi dari motor balap membuat fungsi
limitasi torsi belakang sangat baik dan tuas menjadi ringan.
Ninja ZX-25R diklaim nyaman
dikendarai karena memiliki jarak dari jok ke tanah 785 mm, sehingga masih cukup
ramah untuk postur orang Indonesia. Selain itu, bagian pijakan kaki (footpeg)
menggunakan material aluminium dan tuas rem (brake) serta kopling (clutch
lever) yang bisa disetel dengan mudah.
Kawasaki ZX-25R ini ada dua varian yang dijual,
standard dan special edition. Versi SE mendapat tambahan warna grafis dan beberapa
fitur dan aksesoris seperti rem ABS, Kawasaki Quick Shifter (KQS) dua arah (up
& down), pillion seat cover/single seat cover, smoke windshield, frame
slider, wheel rim tape.
Untuk warna, ada metallic spark
black, lime green/ebony (ABS/SE), metallic spark black/pearl flat stardust
white (ABS/SE), candy plasm blue/metallic spark black (ABS/SE). Ninja ZX-25R
versi standar mempunyai bobot 180 kg,
sedang versi special edition 182 kg. Keduanya punya kapasitas tangki 15 liter.
Untuk harga Kawasaki Ninja ZX-25R
standar dibanderol Rp 96.000.000, sedangkan versi ABS SE Rp 112.900.000. Harga
tersebut berstatus on the road Jadetabekser (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi,
Serang). Bagi kalian yang sudah ngiler dengan peforma motor ini langsung saja datang
ke dealer terdekat untuk melakukan inden.
Data Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R
Mesin
Jenis Mesin: Liquid-cooled,
4-stroke In-Line Four
Sistem Pengapian: Digital
System Final Drive Type: Chain
Kopling: Wet multi-disc, manual
Power Maksimum: 37.5 kW {51 PS} /
15,500 rpm (with Ram Air)
Torsi Maksimum: 22.9 Nm {2.3
kgfm} / 14,500 rpm
Diameter x Langkah: 50.0 x 31.8
mm
Volume Silinder: 249.8 cc
Sistem Katup: DOHC, 16 valves
Sistem Pengapian: Fuel injection:
ø30 mm x 4
Perbandingan Kompresi: 11.5:1
Transmission: 6-speed, return
Primary Reduction Ratio: 2.900
(87/30)
Final Reduction Ratio: 3.429
(48/14)
Performance
Suspensi Depan: ø37 mm inverted
fork (SFF-BP)
Suspensi Belakang: Horizontal
Back-link, gas-charged shock with spring preload adjustability
Rem Depan: Single semi-floating
ø310 mm disc
Rem Belakang: Single ø220 mm disc
Roda Depan: 110/70R17M/C (54H)
Roda Belakang: 150/60R17M/C (66H)
Panjang x Lebar x Tinggi: 1,980 x
750 x 1,110 mm
Trail: 24.2° / 99 mm
Details
Jarak poros roda: 1,380 mm
Jarak terendah ke Tanah: 125 mm
Berat: 182 Kg (ABS SE), 180 Kg
(Standard)
Kapasitas Bensin: 15 litres
Komentar
Posting Komentar