Kawasaki Ninja ZX-25R 4 Selinder Diluncurkan di Indonesia

Akhirnya yang dinanti-nanti oleh para bikers terutama di tanah air ini nongol juga, motor sport yang sudah berhasil bikin heboh jagad maya yaitu Kawasaki Ninja ZX-25R. Sebenernya motor 4 silinder 250cc ini rencananya akan diluncurkan secara global pada bulan April di Indonesia, berhubung si Covid-19 bikin ulah di Indonesia akhirnya rencana tersebut dibatalkan.

Berhubung pandemi Covid-19 ditunggu-tunggu tidak kunjung reda jua akhirnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya meluncurkan Ninja ZX-25R secara virtual melalui akun Youtube resmi Kawasaki Indonesia pada tanggal 10 Juli 2020 pukul 15.00 WIB.

Ninja ZX-25R ini untuk pengembangannya didasarkan pada moge Ninja ZX-10R. Dari aspek rangka ZX-25R menggunakan all new trellis frame, untuk suspensi  motor ini juga sudah mengadopsi suspensi depan Upside Down (USD) 37 mm, dengan teknologi SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston). Dan suspensi belakang menggunakan Horizontal Back Link, dikombinasi lengan ayun asimetris (banana swingarm), yang diklaim menawarkan karakter progresif dan berkontribusi terhadap handling.

Kawasaki Ninja ZX-25R memakai pelek bintang 5 yang ringan tapi tetap rigid. dengan menggunakan ban Dunlop GPR300 tipe radial 110/70 R17 untuk bagian depan dan 150/60 R17 untuk  belakang.


Untuk sektor pengeraman depan Kawasaki ZX-25R ditunjang dengan rem cakram semi floating berdiameter 310 mm, dengan kaliper 4 piston. Sementara di belakang pakai cakram berdiameter 220 mm. Sistem pengereman menggunakan tipe radial mount monobloc caliper serta ABS (Anti-lock Braking System).

Dari sektor dapur pacu, ZX-25R menggunakan mesin 249,8 cc, 4 silinder, DOHC, 16 katup, berpendingin cairan, dengan spesifikasi bore x stroke 50,0 mm x 31,8 mm, dan rasio kompresi mesin 11,5:1. Mesin tersebut mampu menghasilkan power maksimum 37,5 kw (51 PS) pada 15.500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimum adalah 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Sistem transmisi motor ini menggunakan system manual 6 kecepatan.

Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali sejumlah fitur yaitu Kawasaki Traction Control (KTRC), Power Mode Selection, Centre Ram Air System, dan Assist & Slipper Clutch.

Kawasaki Traction Control (KTRC) merupakan fitur traction control yang memberikan ketenangan dan kenyamanan rider saat menghadapi permukaan jalan yang tidak rata serta licin. Mode Three-Rider Selectable yang terpasang pada Kawasaki ZX-25R ini menawarkan berbagai tingkat instrusi yang dapat dipilih sesuai dengan situasi riding dan preferensi pengendara.

Sedangkan untuk fitur Power Mode Selection, terdapat pilihan mode full power atau low power, yang membuat pengendara dapat mengatur aliran power yang sesuai dengan kondisi dan preferensi. Full power untuk menikmati performa 4 silinder yang alami dan low power untuk aliran power dan respons gas yang optimal.

Centre Ram Air System adalah fitur andalan Kawasaki Ninja ZX25R. Posisi Ram Air Duct System yang diposisikan di tengah, memberikan feeling efficiency, sehingga meningkatkan performa mesin.

Untuk Kawasaki Quick Shifter pada SE (KQS), merupakan fitur yang pertama kalinya motor 250cc memiliki clutchless upshift dan downshift untuk akselerasi tanpa hentakan dan deselerasi yang cepat dan mudah. Saat riding di jalan raya pengendara tidak perlu menggunakan kopling terus menerus saat pergatian gigi.

Untuk Assist & Slipper Clutch merupakan teknologi clutch yang terinspirasi dari motor balap membuat fungsi limitasi torsi belakang sangat baik dan tuas menjadi ringan.


Ninja ZX-25R diklaim nyaman dikendarai karena memiliki jarak dari jok ke tanah 785 mm, sehingga masih cukup ramah untuk postur orang Indonesia. Selain itu, bagian pijakan kaki (footpeg) menggunakan material aluminium dan tuas rem (brake) serta kopling (clutch lever) yang bisa disetel dengan mudah.

Kawasaki  ZX-25R ini ada dua varian yang dijual, standard dan special edition. Versi SE mendapat tambahan warna grafis dan beberapa fitur dan aksesoris seperti rem ABS, Kawasaki Quick Shifter (KQS) dua arah (up & down), pillion seat cover/single seat cover, smoke windshield, frame slider, wheel rim tape.

Untuk warna, ada metallic spark black, lime green/ebony (ABS/SE), metallic spark black/pearl flat stardust white (ABS/SE), candy plasm blue/metallic spark black (ABS/SE). Ninja ZX-25R versi standar mempunyai  bobot 180 kg, sedang versi special edition 182 kg. Keduanya punya kapasitas tangki 15 liter.

Untuk harga Kawasaki Ninja ZX-25R standar dibanderol Rp 96.000.000, sedangkan versi ABS SE Rp 112.900.000. Harga tersebut berstatus on the road Jadetabekser (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang). Bagi kalian yang sudah ngiler dengan peforma motor ini langsung saja datang ke dealer terdekat untuk melakukan inden.

 

Data Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R

Mesin

Jenis Mesin: Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four

Sistem Pengapian: Digital

System Final Drive Type: Chain

Kopling: Wet multi-disc, manual

Power Maksimum: 37.5 kW {51 PS} / 15,500 rpm (with Ram Air)

Torsi Maksimum: 22.9 Nm {2.3 kgfm} / 14,500 rpm

Diameter x Langkah: 50.0 x 31.8 mm

Volume Silinder: 249.8 cc

Sistem Katup: DOHC, 16 valves

Sistem Pengapian: Fuel injection: ø30 mm x 4

Perbandingan Kompresi: 11.5:1

Transmission: 6-speed, return

Primary Reduction Ratio: 2.900 (87/30)

Final Reduction Ratio: 3.429 (48/14)

 

Performance

Suspensi Depan: ø37 mm inverted fork (SFF-BP)

Suspensi Belakang: Horizontal Back-link, gas-charged shock with spring preload adjustability

Rem Depan: Single semi-floating ø310 mm disc

Rem Belakang: Single ø220 mm disc

Roda Depan: 110/70R17M/C (54H)

Roda Belakang: 150/60R17M/C (66H)

Panjang x Lebar x Tinggi: 1,980 x 750 x 1,110 mm

Trail: 24.2° / 99 mm

 

Details

Jarak poros roda: 1,380 mm

Jarak terendah ke Tanah: 125 mm

Berat: 182 Kg (ABS SE), 180 Kg (Standard)

Kapasitas Bensin: 15 litres




Komentar

Postingan Populer