Kenapa Rem Cakram Sepeda motor Lebih Diutamakan Pada Roda Depan
Kali ini saya akan membahas
kembali tentang rem, kalau sebelumnya rem mobil tapi kali ini yang akan saya
bahas adalah rem sepeda motor, pernah gak kalian bertanya-tanya kenapa kebanyakan
rem cakram pada sepeda motor lebih diutamakan pada bagian depan ban dan pada
bagian belakang menggunakan rem tromol.
Mengutip berita dari detik.com
yang berasal dari Motosaigon bahwa secara teori rem cakram memiliki struktur
yang lebih kompleks daripada rem tromol. Pengereman dengan rem cakram lebih
kuat untuk memperlambat laju sepeda motor sehingga jarak pengereman akan lebih
pendek dibandingkan yang menggunakan rem tromol.
Ketika kita mengendarai motor dan
melakukan pengereman, karena dampak dari gaya inersia, sekitar 70% gravitasi
motor akan mengarah ke roda depan. Karena itu, menurut perhitungan, untuk dapat
menghentikan laju motor lebih efektif, rem depan harus bekerja lebih baik dan
lebih kuat. Itulah alasan kenapa rem
cakram lebih diutamakan untuk roda depan.
Namun, karena performanya yang
cukup kuat, saat pengereman darurat menggunakan rem cakram bisa berakibat
fatal. Pada beberapa kondisi, pengereman dengan rem cakram depan yang terlalu
kuat membuat roda terkunci hingga membuat motor terguling. Makanya, saat ini
tak sedikit motor yang sudah dilengkapi dengan peranti pengaman anti-lock
braking system atau sering disebut ABS.
Untuk saat ini sepeda motor di
Indonesia sudah banyak yang dilengkapi dengan rem cakram di bagian belakang.
Tapi biasanya ukuran cakram belakang sedikit lebih kecil dibanding cakram
depan.
Komentar
Posting Komentar