Covid-19 Terdeteksi Dalam Sperma



Waduh ngeri banget… gimana gak ngeri… barusan saya ada baca dibeberapa media online nasional bahwa Ilmuwan China belum lama ini menyampakan hasil temuannya bahwa virus corona bisa bertahan di dalam sperma seorang pria yang pernah terinfeksi meskipun pria tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Tim dari Shangqiu Municipal Hospital menguji 38 pasien pria yang dirawat di sana pada puncak pandemi di China, pada bulan Januari dan Februari. Sekitar 16% dari mereka memiliki bukti coronavirus dalam air mani mereka. Sekitar seperempat dari mereka berada dalam tahap infeksi akut dan hampir 9% dari mereka pulih, tim melaporkan.

"Kami menemukan bahwa SARS-CoV-2 dapat hadir dalam sperma pasien dengan Covid-19, dan SARS-CoV-2 masih dapat terdeteksi dalam sperma pasien yang sedang pulih," tulis Diangeng Li of Chinese People's Liberation Army General Hospital di Beijing dan rekannya saya kutip dari detik.com.

Selanjutnya saya ada baca di cnnindonesia.com Peneliti dan Ahli Bidang Reproduksi pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Taufiq P Nugraha menjelaskan testis bisa mengandung SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 karena infeksi virus bersifat viremia.Viremia adalah virus berada dalam aliran darah.

Oleh karena itu, Dicky menyarankan agar menggunakan alat kontrasepsi kondom saat hendak berhubungan seks untuk menghindari potensi penularan Covid-19. Akan tetapi, ia kembali menekankan bahwa hasil riset belum membuktikan adanya penularan Covid-19 melalui hubungan seks.

Kesimpulannya bagi kalian apabila memiliki pasangan yang baru sembuh dari Covid-19 ada baiknya menggunakan alat kontrasepsi atau kondom dalam berhubungan sek untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan yaitu terjadinya penyebaran covid-19 melalui sperma. Ya gak… sedia payung sebelum hujan… he..he…



Sumber: detik.com & cnnindonesia.com




Komentar

Postingan Populer