Kini Sudah Bisa Cek Cuaca Planet Mars



Sempet kaget saya barusan setelah membaca dimedia online bahwa sekarang ini kita sudah bisa mengecek kondisi cuaca diplanet Mars, gimana temen-temen hebat gak kira-kira... terus temen-temen gak penasaran datanya berasal dari mana dan bagaimana cara mendapatkannya, kan planet Mars itu jauh... iya jauh banget temen-temen, menurut data yang saya dapat dari eyang Google secara teori jarak Bumi ke Mars adalah 54.6 juta kilo meter sedangkan jarak terjauh dari Bumi ke Mars adalah 401 juta kilo meter dengan jarak rata-rata 225 juta kilo meter.
 


Data cuaca Mars itu dikirim oleh robot InSight ( Interior Exploration Using Seismic investigations, Geodesy & Heat Transport) milik NASA yang berada di  planet Mars sejak akhir bulan November 2018. Selama di Mars robot ini menjalankan berbagai misi termasuk mengobservasi cuaca.

Kini data cuaca harian dari InSight telah diterima oleh NASA. Badan antariksa AS ini pun membuat data ini tersedia secara publik, sehingga kamu akses kalau penasaran dengan cuaca di Mars hari ini.
Dilansir oleh detikINET dari Gizmodo, Kamis (21/2/2019), data yang tersedia mulai dari tanggal 11 Februari hingga 17 Februari. Tidak hanya data tentang temperatur, InSight juga mengirimkan data mengenai kecepatan angin dan tekanan udara.

Saat ini Mars sedang berada di tengah musim dingin, jadi dapat dibayangkan suhu di Mars akan jauh lebih ekstrem dibanding di Bumi. Suhu tertinggi Mars yang dicatat oleh InSight pada tanggal 11 Februari mencapai -9 derajat Celcius.

Suhu paling rendahnya dicatat pada tanggal 15 Februari yang mencapai -95 derajat Celcius! Sedangkan data terbaru pada 17 Februari menunjukkan suhu tertinggi pada -16 derajat Celcius dan suhu terendah mencapai -94 derajat Celcius.
InSight mengumpulkan data ini dengan menggunakan berbagai sensor yang dikembangkan oleh NASA Jet Propulsion Laboratory, Cornell University dan Centro de Astrobiología dari Spanyol. Data ini dikumpulkan di area bernama Elysium Planitia, area datar yang berada di dekat khatulistiwa Mars.

InSight juga akan terus mengumpulkan dan mengirimkan laporan cuaca Mars hingga dua tahun ke depan. Data ini diharapkan dapat membantu ilmuwan untuk memahami badai yang sering terjadi di Mars.

Nah, buat yang mau seperti apa cuaca di Mars hari ini bisa cek langsung ke laman NASA berikut ini.




Sumber: inet.detik.com



Komentar

Postingan Populer