Sependek pengetahuan saya, Joomla adalah CMS Content Management System untuk website yang beda dengan Blogger. Joomla lebih praktis bagi anda yang masih rabun tehnik Coding Script HTML, PHP, Mysql dst..

awalnya saya masih bingung bagaimana agar Templates yang telah kita download dan teruplod di website Joomla bisa di edit layaknya Blogger dan wordpres?. setelah coba-mencoba klik sana klik sini. ketemulah caranya, ternyat Joomla juga memperbolehkan Clientnya untuk mengedit templates berikut Script yang ada didalamnya.


Baik, untuk cara edit templates Joomla sebetulnya relaitf mudah. perhatikan langkah berikut:

1. login ke Logged-in backend Joomla. bagi Joomla Users tentu anda sudah tahu bukan bagaimana cara Logged-in backend? ketik alamat URL anda di Address Bar browser http://www.nama-domain-anda.com/andministrator.
2. pada halaman administrator Klik Templates Manager (lihat gambar)

templates_manager
3. pada "Dashboard Templates: Styles" Klik Link "Templates"  lalu cari templates mana yang anda gunakan untuk website Joomla anda. lalu klik tepat pada namanya (Lihat gambar)
templates link
edit templates
4. pada halaman Customise Templates. silahkan edit Templates anda
customise_template
5. pada tahap Editing file "Index.php" di Templates yang hendak anda edit. sebaiknya back up terlbih dahulu dengan Notepad, wordpad dlsb untuk antisipasi terjadinya error.
source_code_index.php

Selamat Berkreasi. sekian dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer