Flashing Xiaomi Redmi Note 3 Pro



Tidak heran dan tidak asing dengan berita beberapa ponsel yang mendukung jaringan 4G tersandung dengan peraturan TKDN, sampai saat ini pun masih berubah-ubah peraturan resmi TKDN tersebut. owh iya.. jikalau ada yang belum tahu apa itu TKDN, berdasarkan definisi TKDN adalah Tingkat Kandungan Dalam Negeri, dimana dimaksudkan nilai isian dalam persentase dari komponen produksi dalam negeri termasuk biaya pengangkutannya yang ditawarkan dalam item penawaran harga barang maupun jasa.



        Secara sederhana, khususnya ponsel 4G setidaknya  harus memiliki  30% unsur-unsurnya berasal dari Indonesia apakah itu dari hardware, Software, jasa dll. Pemerintah mengharapkan dengan peraturan ketat seperti ini, vendor ponsel dari luar negeri  tidak hanya menjadikan Indonesia target pasar saja, namun harus berinvestasi penuh, membuat pabrik, membuka lapangan pekerjaan, mengembangkan skill para pekerja dalam mengembangkan software maupun hardware.
        Dengan kondisi ini tetap saja beberapa distributor bermain-main, banyak ponsel-ponsel dari luar negeri yang masuk tanpa sertifikat dari postel (sertifikat dipalsukan) dan ada pula beberapa vendor yang terpaksa mengunci jaringan 4G pada produknya secara software karena syarat-syarat TKDN belum ditempuh dengan sempurna contohnya Xiaomi Redmi Note 3 dan postingan kali ini Gaya akan bahas cara membuka jaringan 4G Xiaomi Redmi Note 3 garansi resmi TAM dengan cara flasing.

Cara ini menggunakan cara flashing rom ke rom versi 7.3.2, yaitu rom terakhir dimana jaringan 4G nya masih belum dikunci, sediakan terlebih dahulu ponselnya dan kabel USB, berikut tutorial flash Xiaomi Redmi Note 3 :
DOWNLOAD :

1. Mi Flash Tool :  KLIK DISINI

2. Mi PC Suite : KLIK DISINI

3.  Fastboot Rom : KLIK DISINI

4. Minimal ADB and Fasboot Tool : KLIK DISINI
 INSTALL :
1. Install Mi Flash Tool terbaru 2016, pilih sesuai dengan windows yang sobat Gaya pakai. (diwajibkan OS windows 7 keatas)
2. Install Mi Pc Suite, bagi Windows 8/8.1 dan 10, wajib Disable Driver Signature terlebih dahulu, caranya bisa cek di web berikut KLIK DISINI
3. Ekstrak rom Miui versi 7.3.2 sampai berbentuk folder (cek ekstension bila tidak ada format ekstension, ubah menjadi TGZ, supaya bisa diekstrak)

4. Install Minimal ADB and Fastboot Tool, Gaya anggap semua sudah pada tahap ini tanpa ada kendala.
5. Hidupkan Xiaomi Redmi Note 3, Aktifkan Usb Debugging, jika masih belum bisa cek web berikut ini KLIK DISINI
6. Hubungkan kabel Usb dengan ponsel dan komputer (biasanya Mi PC Suite langsung mendeteksi driver dari ponsel) kemudian cek pada menu device manager  (klik kanan properties pada icon computer)  apakah sudah terdeteksi sebagai ADB Devices

7. Kemudian buka aplikasi Minimal ADB and Fastboot lalu ketik adb devices, cek apakah status device masih offline/UNAUTHORIZED, jika ya, cek notifikasi pada ponsel, klik remember/always allow dan pilih yes, pastikan kembali ketik adb devices pada aplikasi Minimal ADB and Fastboot , apabila status berubah menjadi device, maka bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.








8. Setelah berhasil statusnya berubah, ketik adb reboot edl  kemudian ponsel akan masuk ke mode download, pada tahap ini layar akan mati dan notif berkedip-kedip. cek kembali pada device manager, seharusnya ponsel akan terdeteksi sebagai port qualcomm pada komputer.


9. Sekarang buka aplikasi Mi Flash Tool dan browse file ke lokasi di mana Fastboot ROM tadi diekstrak kemudian tekan refresh, pastikan bahwa ponsel terdekteksi di aplikasi dengan angka PORT COM yang sama dengan di device manager. pilihan flash bebas, bisa flash all atau flash all except storage.  



 10.Tekan Tombol flash, jangan cabut kabel dan tunggu sampai selesai. perlu diperhatikan, apabila proses flash berhenti ditengah jalan, coba ulangi lagi dari awal, ganti aplikasi Mi flash Tool atau kabel data USB dengan yang lain






11. Setelah selesai, cabut kabel usb dari ponsel, tunggu sejenak, lalu hidupkan ponsel.
12. Pada tahap awal menghidupkan ponsel Xiaomi akan tampil halaman bahasa, disini bebas pilih bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, pada pilihan halaman lokasi/locale pastikan memilih negara selain Indonesia (ini menghindari Lock 4G berdasarkan lokasi), setelah semua berhasil diatur dan berada pada Home Screen, masuk menu setting kemudian pilih bagian sim yang dijadikan data, pilih preffered network type, lalu pilih prefered LTE dan tunggu sebentar, nanti akan muncul sinyal data 4G.



Sampai pada Tahap ini belum selesai, Sobat Gaya harus setting manual waktu ke format GMT+7 ato format yang sama dengan waktu bagian Indonesia, dan untuk menghindari jaringan 4G hilang, abaikan apabila ada notifikasi update rom sampai Xiaomi benar-benar telah lulus TKDN. 

Sumber: http://www.gayafone.com

Komentar

Postingan Populer