Mengatur Margin Berbeda Dalam Satu File Word


Saya kemarin mendapat tugas dari Big Bos di kantor tempat saya kerja untuk membikin surat, biasanya ada staff khusus yang mengerjakannya namun karena ada sesuatu dan lain hal akhirnya saya yang harus mengerjakannya, tapi gak apa-apalah gaes karena semua pekerjaan itu kalau dilakukan dengan ikhlas Insyallah aka nada hikmahnya.

Dalam proses bikin surat kemarin setelah mengetiknya selesai kemudian saya seting marginnya, dari ke 4 halaman tersebut untuk halaman satu ada kop suratnya sedangkan untuk halaman 2 sampai dengan 4 tidak ada kopnya, otomatis untuk setingan margin dari ke 4 halaman tersebut khusus halaman 1 harus diseting margin atasnya menyesuaikan dengan besarnya kop pada kertas yang sudah tercetak.

Gimana gaes… ada yang tahu cara setingnya… bagi kalian yang sering bikin surat atau makalah saya yakin pasti bisa tapi bagi mereka yang jarang-jarang bikin surat atau makalah mungkin bisa lupa atau bisa jadi belum bisa.

Ok kali ini saya akan berbagi tips cara gimana saya menyeting margin pada surat yang saya buat kemarin, kebetulan saya pakai MS Word 2010 untuk yang lain sepertinya hampir sama.

Pertama saya klik pada menu Page layout =>Margins dan saya pilih Custom Margins




Setelah di klik Custom Margins maka akan muncul menu seperti gambar dibawah, kemudian saya seting seperti biasa, untuk margin atas menyesuaikan dengan jarak kop, kebetulan kop surat ditempat kami tingginya 5,6 cm tapi pada margin atasnya supaya gak mepet dengan kop saya kasih jarak 5,7 cm  kemudian klik OK




Jarak atas dari ke 4 halaman tersebut otomatis semuanya menjadi 5,7 cm, terus supaya halaman 2 sampai dengan 4 yang gak pakai kop itu jaraknya gak selebar yang pakai kop gimana...? caranya masih seperti cara diatas dan pada margin atas saya ganti menjadi 3 cm dan pada menu yang saya lingkari merah pada gambar dibawah saya ganti menjadi This section dan OK


Hasilnya  halaman 1 margin atasnya 5,7 cm dan halaman 2 sampai dengan 4 margin atasnya 3 cm.

Demikian gaes semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca artikel singkat dari blog saya ini.





Komentar

Postingan Populer