Menghitung Data MS Excel berdasarkan Cell Warna Tertentu
Siapa yang gak kenal Mocrisoft Excel, terutama bagi anda yang kerja di kantoran hampir setiap hari anda akan
menggunakan aplikasi besutan Microsoft ini. Banyak pekerjaan anda yang telah
terbantu oleh kehadiran Microsoft excel ini.
Microsoft Excel merupakan perangkat
lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,
penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak
ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang
paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut
misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang
dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah
pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan,
manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan
fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Tapi kali ini saya akan mencoba
memberikan tutorial cara menghitung data pada Microsoft Excel berdasarkan cell
warna tertentu. Tapi sebelum dilanjutkan anda harus download plugins dibawah
ini:
Setelah selesai download buka Microsoft Excel anda dan masuk ke menu file apa bila di MS Excel 2010 tapi apabila anda menggunakan excel 2007 anda bisa buka icon dibawah ini
Selanjutnya klik Excel Option
pilih add ins seperti gambar diatas selanjutnya klik "Go" akan muncul gambar seperti dibawah ini
kemudian lanjutkan dengan mengeklik "browse" akan muncul seperti gambar dibawah ini
selanjutnya letakkan file yang telah anda download tadi seperti gambar diatas selanjutnya klik "OK"
kemudian ketik rumus seperti gambar dibawah ini
dengan rumus "=HitungWarna(C3:C9;G3)" maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini
Demikian tutorial cara menghitung data MS Excel berdasarkan warna cell tertentu, semoga bermanfaat dan bisa membantu.
Komentar
Posting Komentar