Mesin Mobil Pincang




Berawal dari mobil jadul saya saat dikendarai terasa gak enak banget, terasa nyendat dan ada getaran pada mesin mobilnya. Biasanya kalo terasa seperti itu  kemungkinan ada beberapa busi  yang mati, kalau hanya satu atau dua busi  yang mati mesin mobil biasanya tidak sampai mogok dan terasa pincang yang berakibat pada  performa mobil kurang bertenaga, akselerasi kurang  dan terasa ada getaran yang tidak biasa.

 untuk memeriksa kebenaran dari analisa saya kemudian saya  coba dengan langkah sebagai berikut:

  1. Saya buka kap mobil saya
  2. Kemudian saya hidupkan mesin mobil saya
  3. Saya setel rpm mesin agak tinggi
  4. Selanjutnya saya cabut satu persatu kabel busi (usahain pakai sarung tangan, jadi apabila ada kebocoran dikabel busi anda tidak kesetrum)
  5. Waktu mencabut kabel busi yang perlu diperhatikan adalah apabila saat kabel busi dicabut ada perubahan pada RPM mesin atau sedikit berubah berarti busi normal, tapi kalau saat dicabut gak ada perubahan pada RPM mesin atau perubahan pada mesin berarti itu yang businya mati
  6. Selanjutnya saya buka dan saya lepas busi yang ada indikasi mati dan saya ganti dengan yang baru.

Alhamdulillah….. setelah saya ganti beberapa busi yang mati akhirnya mesin mobil jadul saya jreng kembali, buat temen-temen yang punya mobil jadul atau baru dan merasakan seperti yang saya alami semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat, karena pada intinya mobil keluaran lama atau baru itu pada intinya sama saja.



Komentar

Postingan Populer