Menghitung Data MS Excel berdasarkan Cell Warna Tertentu





Siapa yang gak kenal Mocrisoft Excel, terutama bagi anda yang kerja di kantoran hampir setiap hari anda akan menggunakan aplikasi besutan Microsoft ini. Banyak pekerjaan anda yang telah terbantu oleh kehadiran Microsoft excel ini.


Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.

Tapi kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial cara menghitung data pada Microsoft Excel berdasarkan cell warna tertentu. Tapi sebelum dilanjutkan anda harus download plugins dibawah ini: 

http://www.4shared.com/file/v47e4_0Nce/Hitungwarna.html

 Setelah selesai download buka Microsoft Excel anda dan masuk ke menu file apa bila di MS Excel 2010 tapi apabila anda menggunakan excel 2007 anda bisa buka icon dibawah ini

Selanjutnya klik Excel Option

pilih add ins seperti gambar diatas selanjutnya klik "Go" akan muncul gambar seperti dibawah ini


kemudian lanjutkan dengan mengeklik "browse" akan muncul seperti gambar dibawah ini


selanjutnya letakkan file yang telah anda download tadi seperti gambar diatas selanjutnya klik "OK"
kemudian ketik rumus seperti gambar dibawah ini

dengan rumus "=HitungWarna(C3:C9;G3)" maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini



Demikian tutorial cara menghitung data MS Excel berdasarkan warna cell tertentu, semoga bermanfaat dan bisa membantu.








Komentar

Postingan Populer