Sunday, 30 August 2015

Mengetahui Kerusakan Mesin Dari Kondisi Knalpot




Sebagaimana kita ketahui bahwa knalpot adalah salah satu komponen yang paling berhubungan dengan ruang bakar yang mana pembuangan mobil seperti emisi atau udara setelah dari ruang bakar akan disalurkan (dibuang) melalui knalpot. Keadaan knalpot yang bersih bisa mencerminkan kondisi mesin mobil, sebaliknya keadaan knalpot yang berjelaga karena oli atau berwarna hitam atau terdapat kerak akan mencerminkan kondisi mesin mobil yang kurang baik, kita bisa memeriksanya melalui ujung knalpot.


Secara umum terdapat 4 kondisi ujung knalpot yang bisa mencerminkan keadaan mesin, yakni:
  1. Basah karena ada rembesan oli, keadaan seal klep yang telah getas, ring piston yang aus, atau baret pada dinding silinder dapat menyebabkan oli merembes ke ruang bakar dan keluar melalui knalpot. Cara memeriksa sangat mudah, yakni dengan meraba ujung knalpot apakah ada rembesan oli (basah dan bahkan oli sampai menetes), akan tetapi sebelum mengecek nyalakan dulu mobil dan cobalah injak gas sampai cukup dalam berulang-ulang seperti berusaha mengeluarkan sesuatu dari dalam knalpot (mengingat jika pecinta otomotif ingin mengecek mobil untuk dibeli kadang-kadang oleh pemiliknya sudah dibersihkan sampai ujung knalpot). Jika knalpot basah oleh oli dapat dipastikan bahwa ada kerusakan pada mesin mobil terutama pada bagian ruang bakar. Keadaan adanya rembesan oli ini biasanya dibarengi dengan kondisi asap yang keluar dari knalpot yang berwarna putih tebal dan tidak berhenti-berhenti.
  2. Knalpot berwarna hitam dan berkerak karbon, hal ini disebabkan oleh tidak sempurna pembakaran yang terjadi ruang bakar. Hal ini bisa disebabkan oleh kotornya filter udara sehingga udara yang masuk tidak ideal, juga bisa disebabkan oleh buruknya kualitas api dari busi sehingga bensin yang masuk ruang bakar tidak terbakar semua dan sisanya dibuang melalui knalpot. Cara mengecek cukup gampang yakni dengan meraba ujung knalpot apakah seperti ada debu karbon dan warna knalpot hitam?, biasanya kondisi seperti ini asap knalpot berwarna hitam dan tidak mau berhenti (gas dengan keras lalu lihat pula asap yang keluar). Selain itu bisa juga kita cek kondisi busi, kalau kondisi kotor bisa kita bersihin, tapi kalau nyala apinya sudah gak merata atau gak bagus bisa kita ganti businya. Selanjutnya cek juga kondisi filter udaranya, kalau kotor segera dibersihin, namun jika gk bisa dibersihin mau gak mau harus kita ganti.
  3.  Knalpot bersih dan berwarna keabu-abuan, hal ini menandakan mesin dalam kondisi baik, semua komponen dalam mesin berfungsi dengan normal (semestinya). Biasanya asap mobil juga tidak berwarna, sebagai catatan jika asap mobil meneteskan air atau mengeluarkan asap putih tipis saat baru dinyalakan pagi hari tidak termasuk kerusakan mesin.
Smoga bermanfaat.

Sumber: tipsotomotif.com

 

No comments:

Post a Comment