Cara Menentukan Mana Berita Hoax dan Asli


Kejengahan yang Anda rasakan mungkin juga dirasakan oleh sebagian netizen lain di Indonesia. Kalau kita perhatikan, isi timeline di media sosial belakangan ini memang semakin sering dipenuhi oleh artikel-artikel hoax atau yang bernada provokasi atau menyudutkan seseorang/golongan tertentu. Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), peredarannya bahkan makin banyak.

Untuk membasmi konten-konten bernada negatif yang beredar di Internet tentu tidak mudah. Ibarat pepatah mengatakan, "Mati satu tumbuh seribu". Meski pemerintah berupaya memblokir situs-situs yang dianggap negatif atau provokatif, setiap harinya ada banyak situs sejenis yang lahir. Blokir bukanlah solusi yang efektif, karena energi akan habis untuk melakukan hal itu saja.

Perlu diketahui bahwa meskipun separuh dari jumlah penduduk di Indonesia sudah menggunakan internet, namun tingkat literasi media sosial di Indonesia masih sangat rendah. Artinya, masih banyak netizen di Indonesia yang belum mampu untuk memahami, menganalisis dan mengevaluasi informasi atau pesan-pesan yang beredar di media sosial.

Lalu kembali ke pertanyaan di atas, bagaimana cara menentukan mana berita hoax (palsu) dan mana berita yang beneran (asli)?

Pertama, cek URL situsnya. Sebuah instansi resmi tidak akan menggunakan layanan blog gratisan. Nama situsnya juga harus diperhatikan. Tidak sedikit berita hoax yang beredar menggunakan situs yang namanya mirip dengan nama media yang kredibel. Karena itu jangan mudah terkecoh dan cuma membaca judul artikelnya saja.

Jangan pernah menyebarkan ulang sebuah artikel tanpa membaca isinya terlebih dulu. Berita-berita hoax yang beredar di internet biasanya cenderung bernada provokatif atau kontroversial, tujuannya memang untuk menggiring pandangan bahkan memancing emosi pembacanya.

Kedua, jangan malas melakukan cross check tentang kebenaran dari sebuah informasi beredar di media sosial. Kalau perlu lakukan riset kecil-kecilan ke berbagai situs lain yang kredibel. Berita-berita hoax yang beredar di internet biasanya cenderung bernada provokatif atau kontroversial, tujuannya memang untuk menggiring pandangan bahkan memancing emosi pembacanya. Jika Anda bijak, Anda tentu tidak akan mudah terpancing isi berita tersebut.

Yang ketiga, kalau masih belum yakin tentang kebenaran dari sebuah artikel, cobalah gunakan logika atau akal sehat. Tanyakan pada diri sendiri apakah informasi tersebut bermanfaat jika disebar atau justru dapat merugikan orang atau kaum lain dan memecah belah persatuan.

Perlu diketahui, saat ini ada banyak sekali berita yang sengaja dibuat agar menjadi viral di internet atau media sosial, tujuannya semata-mata hanya karena uang. Pelaku sengaja membuat berita hoax dengan judul yang bombastis agar situsnya dikunjungi banyak orang dan ia mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di situsnya.

Selain itu, para netizen sebenarnya juga bisa membantu 'meredam' peredaran informasi-informasi negatif di internet dengan cara memposting artikel atau informasi yang bermanfaat, misalnya informasi tempat wisata di daerah sekitar mereka, info kuliner, tips-tips dan sebagainya.

Bayangkan kalau semua pengguna internet di Indonesia memposting informasi positif di media sosial, katakanlah satu orang memposting satu saja, maka konten-konten negatif yang tadinya mendominasi internet atau media sosial dengan sendirinya akan 'tertutupi' oleh informasi yang bermanfaat. 







 Sumber: https://inet.detik.com

Komentar

Postingan Populer