Tuesday, 2 July 2013

Solusi Blackberry Lemot


Supaya Blacberry kamu tidak lemot atau jam pasir kamu harus memperhatikan jumlah aplikasi ataupun data yang kamu simpan, karena Blackberry lemot itu penyebabnya semakin kecilnya kapasias memori. Untuk melihat ukuran memori tekan tombol alt + aA + H secara bersamaan (untuk tipe BB 95xx, tekan tombol back + sentuh layar kanan atas dan kiri atas bergantian; sedangkan untuk BB tipe 91xx, tekan tombol volume atas bawah sampai muncul tombol alt di kiri atas, kemudian ketik ‘ESCR’), lalu akan muncul menu ‘Help Me’, setelah itu scroll ke bawah sampai untuk melihat ‘Free Mem’ dan ‘Mem Usage’.


Yang harus rutin kita kerjakan supaya BB gak lemot adalah:
  1. Cek sisa kapasitas memori yang tersedia
    Tekan tombol alt + aA + H bersamaan. Di bagian bawah akan terlihat file free dalam ukuran Byte, selalu dijaga jangan sampai di bawah 15 MB agar BB tidak lambat saat buka menu atau pindah aplikasi.
  2. Hapus email yang sudah dibaca
    Prioritas penghapusan email bisa dilakukan sesuai kebutuhanmu dengan cara masuk ke email ==> Arahkan krusor ke tanggal atau tekan tombol "P" atau "N" ==> Tekan tombol menu ==> Pilih "Delete prior"
  3. Bersihkan BB
    Private Chat ==> masuk ke BBM ==> Pilih Chat kamu dengan teman ==> tekan tombol menu ==> Pilih "end chat". BBG (BB Group) ==> tekan tombol menu ==> Pilih "Group details" ==> Pilih "Save Pictures" ===> Pilih "Off"
  4. Lakukan memori cleaning
    Masuk ke "options"==> Security options ==> Advanced security options ===> Clear disemua content ===> tekan tombol back
  5. Lakukan clear log
    Tekan Alt+lglg ==> tekan menu ===> pilih clear log ===> pilih "Delete". Selain itu kamu juga bisa memaksimalkan memori internal dengan tidak menyimpan data log yaitu dengan masuk ke menu Event log ==> tekan tombol menu ===> pilih options ===> tampilan berganti ke event logger options ===> tekan menu ===> pilih "hide all types" ===> tekan "back"===> pilih "save"
  6. Lakukan SoftReset untuk refresh sisa memori aplikasi
    Tekan aA + del sampai BB kamu reboot sendiri, atau bisa juga dengan aplikasi third party, seperti QuickPull atau Soft Reset.

    Cabut/ lepas baterai BlackBerry
    Lakukan minimal 1 minggu sekali dan diamkan selama 1-2 menit, untuk membuang dan menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat pemakaian aplikasi, seperti chatting, browsing, dan lainnya.

    Sekian semoga bisa membantu....


No comments:

Post a Comment