System Restore Windows 7 tidak berfungsi


Kebetulan waktu itu lagi sibuk-sibuknya karena bertepatan dengan akhir bulan, biasa kalau akhir bulan kan persiapan tutup buku jadi harus input data bulanan dan krosheck semua kerjaan serta memastikan bahwa semuanya udah benar. Namun kerjaan itu memamg gak selamanya mulus, ada aja masalah yang timbul...he..he... tapi pada kesempatan kali ini komputer dari rekan kerja aku yang ngadat, komputernya eror gak bisa startup... aduh kacau deh....


Windows memiliki sebuah fitur yang bernama "System Restore". System Restore adalah fitur yang sangat berguna untuk mengembalikan sistem kita (pada Windows) ke waktu sebelumnya. Windows secara otomatis membuat restore point ketika kita memasang (install) aplikasi atau driver. Ketika ada suatu kesalahan yang terjadi (misal driver tidak cocok, hardware menjadi tidak berfungsi, dll), kita bisa mengembalikannya ke keadaan sebelumnya dengan System Restore.

Selanjutnya saya coba masuk ke mode safe mode dengan merestrat dan tekan F8, maunya sih direstore namun ternyata muncul tulisan "System Restore does not appear to be functioning correctly on this system. A Volume Shadow Copy Service component encountered an unexpected error. Check the Application event log for more information. (0x80042303)" nah...makin kacau ini karena windows 7 tidak bisa direstore. Usut punya usut ternyata  Volume Shadow Copy (VSC)telah ter-disable. Sehingga System Restore tidak bisa dibuka. Supaya system restore ini bisa berfungsi maka kita harus automatic.

Terus gimana caranya...?

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuka jendela Services. Untuk membukanya, silakan tekan tombol Windows (Win Key) + R untuk menjalankan Run. Setelah itu, ketik "services.msc" tanpa tanda kutip. Tekan Enter atau klik Ok.





Cari Volume Shadow Copy, kemudian double klik. Pada bagian Startup type, pilih automatic. Kemudian klik Ok.


Komentar

Postingan Populer