Cara Buat Cell hanya bisa di isi angka saja pada Excel


Dalam kondisi tertentu terkadang kita membutuhkan untuk membuat sel yang hanya bisa di isi dengan angka saja, tujuannya supaya hanya angka saja yang bisa dimasukkan dalam sel tersebut, misalnya saja pada entry data ID Pelanggan, Nomor Telepon dan sebagainya.
Untuk membuat sel hanya bisa di isi angka saja di Microsoft Excel caranya pun gak sulit, hanya dengan memanfaatkan fungsi Data Validation.


Untuk menggunakan Data Validation agar bisa membuat sel tertentu hanya bisa di isi angka saja caranya adalah sebagai berikut:

- Pilih Sel mana yang ingin di buat hanya bisa di isi angka saja, misal B2.
- Klik Tab Data - Data Validation - Data Validation...

-Pada Tab Settings - Validation Criteria

+ Pada Allow: pilih Whole Number.
+ Pada Data: pilih greater than.
+ Pada Minimum: masukkan angka 0.





 Klik Pada Tab Error Alert dan isikan Box Title dan Error Message-nya, nantinya jika kita mengisi sel tersebut dengan data bukan angka, atau angka tapi hanya 0 saja maka pesan ini akan di tampilkan.




Selanjtunya klik OK, dan cobalah isi sel yang tadi telah di beri validasi (pada contoh sel B2) jika berhasil hasilnya akan seperti ini:


Ketika sel tersebut di isi data bukan angka (ABC) dan di enter maka akan tampil sebuah pesan seperti yang sebelumnya kita tulis, dan ketika sel di isi dengan angka maka tidak ada pesan apapun yang tampil.


Demikian yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat....






Sumber: rumusexcel.com








Komentar

Postingan Populer