Tuesday, 25 August 2015

Oli Harus Diperhatikan Supaya Mesin Mobil Lebih Awet




Mesin-mesin kendaraan membutuhkan pelumasan yang baik dan butuh diganti dengan interval yang tepat. Ketika pengguna mobil melakukan servis interval melewati batas yang ditentukan, baik kilometer maupun waktu, maka oli yang Anda gunakan melewati masa pakainya. Ibarat tubuh manusia, butuh minuman yang segar.

Karena itu agar mobil tidak mogok gara-gara oli, anda harus mengeceknya secara teratur. Perhatikan hal berikut dalam memeriksa persediaan oli kendaraan :

Jangka waktu servis ditentukan oleh waktu ataupun kilometer yang sudah ditempuh oleh kendaraan anda. Jika oli yang digunakan pada mesin melewati batas yang ditentukan (waktu/kilometer) maka oli yang digunakan melewati batas masa pakainnya.

Jika hal ini terus berlanjut maka pelumasan pada mesin tidak akan sempurna, karena adanya residu-residu hasil pembakaran yang terdapat pada mesin, dan memepengaruhi kualitas mesin kendaraan.

Pelumasan pada mesin tersebut sangat tergantung pada oli mesin (seperti cylinder faces, piston rings, camshafts, tappets, chain drives dan suku cadang
Selaku pengguna kendaraan, tentunya mengetahui keadaan prima dari kendaraan anda, oleh karenanya periksalah Oli secara berkala oleh anda.

Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa kendaraan anda tidak mengalami kekeringan atau kekurangan oli pada mesin.

Anda dapat memeriksa tingkat persediaan oli pada saat mesin dalam keadaan panas dengan cara mematikan mesin terlebih dahulu kemudian diamkan selama beberapa menit (agar oli dapat kembali mengalir ke tempat penampungan oli tersebut) lalu anda dapat mengukurnya. Namun ketika mesin dalam keadaan dingin anda dapat langsung memeriksa tingkat kecukupan oli tersebut.

Sebelum membuka mesin, ada baiknya sudah mempelajari modul ataupun panduan untuk keamanan membuka mesin. Selain itu hal penting yang harus diperhatikan dalam membuka mesin adalah pastikan mesin dalam keadaan mati, pastikan perseneling dalam posisi netral untuk transmisi manual atau P (parkir) untuk transmisi otomatis. Biarkan mesin menjadi dingin terlebih dahulu.

Adapun cara mengukur tingkat persediaan oli, sebagai berikut:

-Buka kap mesin (sebelum melakukan hal tersebut pastikan terlebih dahulu bahwa wiper kaca depan anda menempel pada kaca, agar wiper tidak merusak cat pada mobil anda
Tarik pengungkit untuk membuka kap mesin di bawah panel instrumen
- Buka kap mesin anda
- Tarik tongkat pengukur oli
- Hapus tongkat pengukur oli dengan menggunakan kain dan masukan kembali.
- Tarik tongkat pengukur oli dan lihat tingkat pengukuran oli. Jika diperlukan, tambah oli mesin anda.
- Masukan kembali tongkat pengukur oli
- Tutup kembali kap mesin anda.

-Jika pengukuran tingkat kecukupan oli pada level (A) maka jangan menambahkan oli pada kendaraan

- Jika oli ada pada level B maka Anda dapat menambahkan oli mesin secukupnya.

-Jika oli pada level C maka segera tambah oli mesin kendaraan Anda.


No comments:

Post a Comment