Saturday, 22 August 2015

Melepas Stiker di Bodi dan Kaca Mobil


Jika stiker yang di pasang pada kaca atau bodi kendaraan kita sudah tidak sedap dipandang, akibat sengatan panas dan guyuran air hujan. Saat itulah waktunya kita untuk segera melepasnya atau bahkan perlu mengganti dengan stiker baru yang lebih bagus atau tidak usah sama sekali agar tampilan mobil kita bisa lebih jreng dan sedap dipandang.

Ada beberapa cara ampuh untuk melepas stiker dibodi & kaca mobil anda. Caranya  disesuaikan dengan bahan stiker yang hendak dilepas.Untuk stiker yang terbuat dari bahan kertas, mencabutnya bisa dilakukan dengan air sabun.Caranya adalah oleskan air sabun ke seluruh permukaan stiker yang menempel pada kaca atau bodi kendaraan terlebih dahulu. Setelah itu guyur permukaan stiker dengan air, sambil digosok berulang-ulang dengan kain sampai stiker itu lepas dan rontok.

Biasanya tidak langsung bersih seketika, tapi masih terdapat sisa-sisa perekat yang menempel berupa bercak-bercak.Bila hal ini tetap dibiarkan, saat mengelap kendaraan sisa perekatnya justru akan semakin melebar dan membuat debu atau kotoran lain mudah menempel dan lama kelamaan akan menimbulkan daki atau kerak pada kaca dan bodi, yang membuat mobil kita terlihat kusam. Untuk mengatasinya, oleskan minyak kayu putih pada bercak stiker tersebut kemudian gosok dengan kain sampai bercak stiker dan lem hilang, selanjutnya cuci permukaan body atau kaca dengan sabun dan keringkan. Untuk permukaan body supaya semakin cling gosok dengan kit supaya semakin mengkilap.

Stiker yang terbuat dari bahan plastik atau schothlite, perlu perlakuan khusus untuk menanganinya.Karena daya rekatnya sangat kuat dan tidak mudah rusak.Tetapi anda jangan gusar terlebih dahulu, stiker masih bisa dilepas atau dikuliti kalau bahannya dibuat lunak. Caranya panasi terlebih dahulu permukaan stiker yang akan dilepas.Langkah-langkahnya adalah, pertama panaskan stiker dengan hairdryer (pengering rambut).Arahkan semburan panasnya pada satu sisi permukaan paling pinggir lebih dahulu.Diamkan beberapa saat supaya stiker melunak, sebab pada saat itu permukaan yang terkena panas akan mengerut. Saat mengerut inilah stiker dilepas dan dikelupas dengan kuku atau silet.Namun hati-hati ketika memotongnya menggunakan silet, sebab dapat membuat kaca dan bodi mobil tergores bahkan bisa merusak cat.Setelah bagian pinggir pada langkah pertama tadi sudah terkelupas, segera arahkan pemanas pada bagian lainnya dengan menggesernya.Sebaiknya bagian yang sudah terkelupas tadi langsung dipotong, agar tidak mengganggu proses pencabutan permukaan stiker yang selanjutnya. Begitu seterusnya sampai seluruh striker terkelupas.


Begitu juga dengan stiker yang terbuat dari plastic atau schothlite, setelah terkelupas tidak langsung bersih seketika.Namun masih meninggalkan bekas bahan perekat yang masih menempel.Dibandingkan dengan sisa perekat stiker kertas, perekat stiker plastik atau schothlite lebih kuat.Cara membersihkannya hampir sama dengan membersihkan sisa perekat stiker kertas.

Setelah semua pekerjaan kelar dilakukan, maka akan terlihat mulus lagi kaca dan bodi mobil anda.Untuk selanjutnya bisa manggantinya dengan memasang stiker baru yang sesuai dengan pilihan anda.
Semoga bermanfaat…..



No comments:

Post a Comment